-->

Buka PBAK, Rektor Ingatkan Mahasiswa Untuk Responsif Terhadap Perubahan



Bandar Lampung, wartapembaruan.co.id– Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Prof Wan Jamaluddin Z PhD, membuka secara resmi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2022 di Gedung Serba Guna UIN Raden Intan Lampung, Selasa (23/8/22)

Didampingi oleh para Wakil Rektor dan para Dekan, seraya membaca basmalah, Rektor menabuh gong sebagai tanda pembukaan PBAK UIN Raden Intan Lampung tahun 2022.

Dalam pidatonya, Rektor mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbersih dan terasri se-Indonesia dan ranking ke 81 se-Dunia berdasarkan penilaian UI Green Metric. 

“Marhaban, Ahlan wasahlan, Welcome to Islamic State University Raden Intan Lampung kampus terbersih dan terasri peringkat pertama se-Indonesia dan peringkat ke-81 se-Dunia,” ucap Rektor yang disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

Rektor menyampaikan bahwa mahasiswa baru tidak salah memilih perguruan tinggi karena UIN Raden Intan Lampung adalah kampus yang bercirikan keislaman dengan tagline utama Ber-ISI, Intelletuality, Spirituality dan Integrity. 

“Ini adalah 3 pilar utama bagi sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung untuk mencapai visi besar kita yaitu menjadi Perguruan Tinggi rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu-ilmu keislaman yang integrative dan multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035,” tutur Rektor.

Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh UNIRank kita menempati posisi kedua Universitas Islam Negeri terbaik se-Indonesia, dan peringkat ke-4 versi webometric.

“Bersama adik-adik generasi emas, saya yakin kita dapat memompa prestasi demi prestasi agar kemajuan dan peningkatan mutu dan kualitas UIN Raden Intan Lampung semakin lebih baik lagi kedepan,” sambung Rektor.

Rektor melanjutkan, melalui PBAK ini adik-adik mahasiswa akan dikenalkan dengan Budaya Akademik dan kemahasiwaan yang ada di UIN Raden Intan Lampung. 

Budaya akademik yang didesain, dikosntruksi, dikembangkan dan dievaluasi di UIN Raden Intan Lampung adalah Budaya akademik yang ber-ISI, memiliki intelektualitas yang luar biasa cemerlang, spiritualitas yang tidak tergoyahkan dan integritas yang tinggi, begitu pun Budaya kemahasiswaan yang harus hidup tumbuh subur dan berkembang di UIN RIL ini adalah Budaya kemahasiswaan yang ber-ISI.

Dalam kesempatan ini Rektor berpesan kepada mahasiswa baru untuk responsif terhadap segala bentuk perubahan, “It is not the strongest of they survive, nor the most intelligent, but the one most responsive to change, mereka yang dapat bertahan hidup dan terus berkembang adalah mereka yang responsive terhadap perubahan, mereka yang memiliki daya dan kemauan untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi, bukan yang terkuat ataupun yang terpintar,” tutur Rektor.

Rektor juga berpesan agar para mahasiswa baru tetap mematuhi protokol kesehatan dalam mengikuti PBAK, karena bahaya Covid-19 masih membayangi. “Tetap patuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak cuci tangan, panitia telah mendesain kegiatan ini sedemikian rupa untuk menghindari segala kemungkinan,” tutup Rektor.

PBAK 2022 UIN Raden Intan Lampung diikuti oleh 5788 orang mahasiswa baru dengan metode hibrid diperluas. Pada hari pertama, pembukaan dan materi universitas, dilaksanakan dengan sistem hibrid yang diikuti secara offline oleh 640 orang perwakilan mahasiswa dari 32 prodi dan diikuti secara online oleh seluruh mahasiswa baru.

Sementara dihari kedua dan seterusnya akan dilaksanakan secara offline dimasing-masing Fakultas. (Red) 

Tags :

bm
Created by: WARTA PEMBARUAN

Warta Pembaruan News Network, Menyajikan berita terhangat langsung melalui handphone Anda.

Posting Komentar