-->

Ketua DPD GRIB jaya provinsi Lampung DENDI ALBAR SH Mengecam Keras Pemasangan Icon PILWAKOT

 


Bandar Lampung, wartapembaruan.co.id- Ketua Dewan Pimpinan Daerah,  Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu Jaya (DPD GRIB JAYA) Provinsi Lampung, Dendi Albar, SH kepada media, mengecam keras atas aksi pemasangan Ikon Pilwalkot Bandar lampung 2024 yang menjadi polemik pasca peluncurannya oleh KPU Kota Bandarlampung di Tugu Adipura, Enggal, Kota Bandarlampung, pada  Minggu pagi (19/5/2024) lalu,  dengan menggunakan ikon monyet berpakaian adat Lampung, 

Dendi Meminta kepada Pemkot bandar Lampung dan juga KPUD bandar Lampung untuk segera mengganti ikon yang menghormati adat budaya kearifan lokal, karena ikon yang dibuat sama saja penghinaan, Tegasnya. Senin (20/05/2024) melalui relese yang disampaikan kepada media.

Kemudian KPUD bandar Lampung dan juga walikota bandar lanpung  meminta maaf kepada penyimbang adat selampung , dan juga kepada masyarakat pada umumnya, dan Kami akan datangi KPUD bandar Lampung secepatnya, Sambung Dendi.

Terpisah pada berita sebelumnya yang dikutip melalui hello indonesia,, Panglima Elang Berantai turun dari Gunung Rajabasa menyatakan siap pasang badan jika maskot atau ikon monyet berpakaian adat Lampung tidak diganti dengan ikon yang tak melecehkan adat Lampung. 

"Sampaikan kepada saudara kami, Laskar Lampung dan MPAL Pesawaran, kami siap turun membela marwah adat istiadat yang mulia ke Kota Bandarlampung," ujarnya kepada Helo Indonesia setelah membaca polemik tersebut Minggu malam (19/5/2024).

Ikon Pilwalkot Bandarlampung 2024 jadi polemik pasca peluncurannya oleh KPU Kota Bandarlampung di Tugu Adipura, Enggal, Kota Bandarlampung, Minggu pagi (19/5/2024). ikonnya monyet berpakaian adat Lampung. 

"Monyet dipakaikan pakaian adat Lampung itu merupakan pelecehan terhadap orang Lampung," tandas salah satu tokoh adat Marga Rajabasa yang terus merawat tradisi warisan sejak ratusan tahun lalu di wilayah Way Handak, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Dia mempertanyakan siapa yang punya ide memakaikan pakaian adat ke monyet, siapa jurinya, kok tak paham dengan adat Lampung. Monyet itu hewan yang dianggap orang Lampung contoh buruk, ujar pria bertubuh tinggi besar ini.

Jangan mentang-mentang punya kuasa, katanya, lantas lupa dengan pepatah "Dimana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung." Menurut dia, orang Lampung itu terbuka, wellcome, tapi jangan tanpa tata kerama memakaikan monyet baju adat Lampung.

Harusnya, ketika punya jabatan, manfaatkan dengan baik, kembangkan adat istiadat lokal, bangun marwah Lampung, sejahterakan masyarakat, didik para generasi mudanya dengan nilai-nilai yang mulia.

Jika tak paham, tanya kepada masyarakat, tokoh, lembaga adat, katanya. "KPU Kota Bandarlampung harus minta maaf kepada para penyimbang dan masyarakat adat se-Lampung," tandasnya. (Rls)

Tags :

bm
Created by: WARTA PEMBARUAN

Warta Pembaruan News Network, Menyajikan berita terhangat langsung melalui handphone Anda.

Posting Komentar