-->

Paguyuban PUJAKESUMA, Peringati HUT Ke 42




Lampung Selatan, wartapembaruan.co.id- Paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Provinsi Lampung memperingati Hari Jadinya yang ke 42 Tahun di Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Minggu (17/7/2022).

Hadir dalam acara yang berlangsung semarak tersebut, Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa, SIP didampingi perwakilan dari Dandim 0421/Lampung Selatan, Polres Lampung Selatan dan Uspika Kecamatan Jati Agung beserta jajaran.

Sementara pengurus teras Pujakesuma nampak hadir Ketua MPO DPW Pujakesuma Provinsi Lampung, Drs. H. Herman HN (mantan Walikota Bandarlampung), Ketua DPW Pujakesuma, Hi. Nuryono, Ketua MPO DPD Pujakesuma Lampung Selatan, Agus Sutanto ST, Ketua DPD Pujakesuma Lampung Selatan, Hi. M. Kasim, Sekretaris DPD Pujakesuma, M. Ali Nurdin, SE dan para pengurus lainnya. 

Dalam peringatan tersebut paguyuban Pujakesuma menggelar acara 'Jalan Sehat' yang melibatkan 3500 peserta, Wakil Bupati Lampung Selatan bersama pengurus teras Pujakesuma melepas ribuan peserta jalan sehat. Juga turut dimeriahkan dengan acara pemotongan tumpeng, atraksi reog ponorogo singo budoyo dan kuda lumping makan beling. 

Acara tambah semarak ketika panitia penyelenggara mengumumkan berbagai hadiah hiburan, diantaranya tiga kulkas, dua sepeda gunung, delapan kambing, lima kompor gas, kipas angin, payung dan hadiah menarik lainnya.

Pada kesempatan itu, saat memberikan kata sambutan, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kusuma Dewangsa menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara dan mengucapkan terimakasih telah memilih Lampung Selatan menjadi tuan rumah dalam peringatan Hari Ulang Tahun Pujakesuma yang ke 42 Tahun.

"Semoga kegiatan ini dapat semakin mempererat dan menumbuhkan toleransi antar suku dan memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan di bumi lampung. Sehingga mampu menjadi perekat secara berkesinambungan," sebut Wakil Bupati Lampung Selatan ini.

Selain itu, Pandu juga mengajak untuk selalu menjaga kelestarian budaya, salah satunya budaya silaturahmi, serta berpesan untuk tetap bersatu dalam menciptakan iklim yang kondusif. 

Hal senada juga diungkapkan  oleh Herman HN, selaku Ketua MPO DPW Pujakesuma Provinsi Lampung yang menurutnya,  banyaknya ragam budaya menunjukan,  bangsa adalah bangsa yang besar peradabannya, sehingga akar budaya ini harus dijaga dan dilestarikan jangan sampai tercerabut oleh derasnya pengaruh budaya asing," ungkapnya.

Sementara Ketua DPW Pujakesuma Provinsi Lampung, Hi. Nuryono mendapatkan pesan "Menguri-uri warisan leluhur adalah tugas kita." 

Dia menginginkan supaya jajaran pemerintah dan keamanan mendukung kegiatan-kegiatan Pujakesuma dalam melestarikan budaya warisan leluhur, "Karena budaya adalah salah satu kekayaan bangsa kita yang harus kita jaga dan lestarikan bersama," ujar dia

Diketahui, Paguyuban Pujakesuma memiliki beragam komunitas dengan jumlah yang cukup besar di Lampung. Secara statistik hampir mendekati angka 4juta lebih. Itu pun jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya. (Red)

Tags :

bm
Created by: WARTA PEMBARUAN

Warta Pembaruan News Network, Menyajikan berita terhangat langsung melalui handphone Anda.

Posting Komentar