-->

Usai Melantik PMI Lampung, Jusuf Kalla Ajak Menyelesaikan Kesulitan Masyarakat

 









Bandar Lampung, wartapembaruan.co.id- Pelantikan  Dewan Kehormatan dan Pengurus  palang merah Indonesia provinsi Lampung resmi dilaksanakan secara  langsung oleh Ketua umum PMI, M.Jusuf Kalla masa bakti 2020-2025, dimahan agung, rumah dinas Gubernur Lampung, pada hari jum"at (28/05/2021)

Pada momen tersebut Riana Sari Arinal telah  Mengemban sebagai ketua umum, yang kemudian Fahrizal Darminto sebagai sekretaris PMI Provinsi lampung, Dr.H.M.Ferry sebagai Dewan Kehormatan dan Gubernur Arinal Sebagai pelindung.

Dalam sambutannya, Riana Sari Arinal mengharapkan  dukungan dari PMI Pusat, Gubernur Lampung, jajaran Forkompinda, Organisasi masyarakat, Dunia Usaha serta seluruh masyarakat Lampung agar kepengurusan yang baru dapat menjalankan amanat dan tugasnya dengan baik, 

Kemudian  kepada seluruh jajaran Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI sebelumnya, Riana Sari  mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitasnya selama ini, sehingga PMI provinsi Lampung dapat berkembang dan menunjukkan eksistensi. kata Riana sari

Ia pun mengajak kepada seluruh pengurus PMI Kabupaten/kota serta seluruh relawan untuk  rapatkan barisan bersama maju dan berjuang menjaga Marwah organisasi PMI sebagai organisasi yang menjalankan tugas kemanusiaan dengan tetap memegang teguh 7 prinsip dasar palang merah dan bulan sabit merah internasional," ujar Riana Sari 

Tantangan yang akan dihadapi oleh PMI ke depan tidaklah mudah, dampak pandemi covid 19 yang masih dihadapi diseluruh aspek kehidupan, perubahan iklim era digital maupun potensi rawan bencana alam pada beberapa wilayah di provinsi Lampung, seperti tsunami, gempa tanah longsor, dan banjir juga menuntut PMI untuk selalu waspada dan siaga.

"Untuk itu PMI kedepan dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan dan kebutuhan masyarakat, selain itu juga harus mampu mendukung upaya tanggap darurat bila mana terjadi bencana alam. Isya Allah dengan kerja cerdas, kerja keras, dan kerja ikhlas, kita bersama akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Lampung," Sambung Riana sari

Kesempatan diwaktu yang sama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua PMI terdahulu, yakni Bapak Umar Hasan yang mana telah menjabat ketua PMI Provinsi lampung selama 5 periode dari tahun 1993 hingga tahun 2020 dan banyak memberikan kontribusi pada kemajuan PMI khususnya di Lampung. 

Menurutnya, PMI Provinsi Lampung sangat membanggakan dan telah melaksanakan program kerjanya dengan sangat baik, diantaranya adalah di bidang pembinaan organisasi, donor darah, pembinaan generasi muda PMI, dan membantu korban bencana, yang mana tidak saja dilakukan di Wilayah Provinsi Lampung tapi juga dilakukan di luar Wilayah Provinsi Lampung seperti peristiwa bencana gempa bumi dan tsunami Aceh, gempa bumi di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya. Kata  Arinal 

Dirinya mencatat, bahwa PMI Provinsi Lampung melalui PMI pusat telah bekerjasama dengan beberapa palang merah negara sahabat, perhimpunan internasional palang merah dan bulan sabit merah dan organisasi internasional lainnya, dengan Singapura red cross, American red cross, dan lain-lainnya termasuk pengendalian virus flu burung, pemberantasan malaria, sanitasi, termasuk pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat pemulihan dampak Tsunami Selat Sunda," 

Kemudian Arinal juga berharap PMI dapat terus membantu Pemerintah Provinsi Lampung dalam mewujudkan Masyarakat Lampung Berjaya, terutama dalam persiapan pengadaan darah yang diperlukan dari 72 rumah sakit yang ada di Provinsi Lampung. "Oleh karena itu dia berharap apa yang sudah dilakukan oleh pengurus sebelumnya dan kepengurusan yang akan datang bisa lebih baik lagi dan bisa menunjukkan bahwa PMI memang dibutuhkan oleh rakyat dan rakyat mendapatkan pertolongan dari PMI," harapnya.

Pada momen sambutan berikutnya Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyampaikan bahwa pada dasarnya tugas Palang Merah maupun Bulan Sabit Merah ialah membantu menyelesaikan kesulitan masyarakat dalam hal bencana, baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan. "Tugas kita ialah mengatasi kesulitan, mengatasi kesulitan masyarakat, tugas ini tugas yang mulia karena tidak semua orang bisa, tentu mengatasinya dengan cara bekerjasama, baik dengan pemerintah maupun masyarakat, lembaga-lembaga dan lain sebagainya," Terang dia

PMI pertama kali didirikan ketika terjadi perang di Italia, maka diperlukan organisasi yang tanpa berpihak kepada siapapun, hanya berpihak kepada kemanusiaan, tanpa diskriminasi, dan berdasarkan kemandirian. PMI bukan hanya organisasi sosial yang sangat besar di Indonesia, namun juga organisasi sosial sedunia yang paling lengkap. 

"Modal kita ialah jaringan yang luas dan kepercayaan atau Trust yang harus kita jaga sebaik-baiknya Oleh karena itu kegiatan PMI harus terbuka dan diaudit, agar semua orang tahu bahwa sumbangannya sampai kepada yang membutuhkan." kata Jusuf Kalla.

Ia juga menekankan bahwa PMI adalah organisasi yang mengabdi kepada kemanusiaan, tanpa diskriminasi, tanpa memandang ideologi, dengan penuh kesukarelaan, dan selalu membangun TRUST kepada seluruh golongan. 

Akhir  sambutannya Jusuf Kalla juga menyampaikan ucapan selamat kepada Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Provinsi Lampung masa bakti 2020-2025 yang baru saja dilantik, dan tidak lupa ucapan terimakasih juga diucapkan kepada pengurus yang telah selesai masa baktinya. Selain itu Ketua Umum PMI juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung terutama Kepada Gubernur Arinal djunaidi atas dukungannya dalam memajukan PMI.

Tags :

bm
Created by: WARTA PEMBARUAN

Warta Pembaruan News Network, Menyajikan berita terhangat langsung melalui handphone Anda.

Posting Komentar